7 Fungsi Pencatatan Keuangan Digital untuk Bisnis Skala Mikro

7 Fungsi Pencatatan Keuangan Digital
Credit Photo: Pixabay


Pencatatan keuangan bisnis yang rapi dan teratur sangat penting dalam pengelolaan akun bisnis, terutama bagi pebisnis skala mikro. Meskipun mungkin terlihat sepele, pencatatan keuangan yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Anda. 

Kini, pencatatan keuangan bisnis bisa Anda kelola dengan cara yang praktis dengan dukungan teknologi digital. Pencatatan keuangan digital menjadi solusi yang lebih efisien dan praktis dengan banyak fungsi penting untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Fungsi Pencatatan Keuangan Digital bagi Bisnis

Bisnis skala mikro memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Sayangnya dengan potensi besar yang dimiliki, bisnis mikro tidak diimbangi dengan pertahanan yang baik.

Salah satu penyebab bisnis skala mikro gagal bertahan adalah karena tidak memiliki pencatatan keuangan yang baik, rapi, dan terencana, serta akun bisnis yang tidak terpisah dari keuangan pribadi. Untuk itulah dibutuhkan pencatatan keuangan digital yang praktis dan mudah dilakukan. Berikut ini beberapa fungsi penting pencatatan keuangan digital bagi keberlanjutan bisnis skala mikro.

Pemantauan Arus Kas Bisnis

Dengan pencatatan keuangan digital yang rapi dan sistematis, Anda bisa memantau arus kas bisnis dengan lebih mudah. Tracing data transaksi bisnis juga bisa ditemukan lebih cepat dan efisien. Sumber pemasukan dan pengeluaran bisnis bisa dilacak dengan jelas untuk membantu Anda memahami kesehatan keuangan bisnis dan membuat keputusan yang lebih tepat. 

Perhitungan Anggaran yang Akurat

Dengan pencatatan keuangan digital, Anda dapat menghitung dan membuat anggaran yang lebih akurat. Anggaran keuangan membantu Anda mengendalikan pengeluaran, mengalokasikan sumber daya dengan bijak, dan menghindari pemborosan terhadap biaya-biaya operasional bisnis. Sistem teknologi digital memiliki tingkat akurasi data yang tinggi, sehingga meminimalisir kesalahan perhitungan pada pembuatan atau penerapan anggaran bisnis Anda.

Menunjang Strategis Bisnis

Dalam penentuan strategi bisnis yang akan diterapkan di masa depan, Anda membutuhkan analisa keuangan yang tepat. Analisa keuangan tersebut bisa didapat dari pencatatan keuangan berisi data riwayat transaksi yang terjadi pada akun bisnis selama periode waktu tertentu. Penyajian catatan keuangan digital dibuat secara sistematis dan konsisten untuk memudahkan Anda menentukan analisa keuangan sebagai landasan strategis bisnis di masa depan.

Penyusunan Laporan Pajak lebih Mudah

Setiap bisnis wajib menyusun laporan pajak sebagai kewajiban yang harus dibayarkan setiap tahun. Pencatatan keuangan digital juga membantu Anda dalam penyusunan laporan pajak dengan lebih mudah dan rapi. Pasalnya, seluruh riwayat transaksi bisnis tersimpan dalam bentuk data digital yang bisa diakses dengan mudah, cepat, dan efisien ketika  Anda menyiapkan laporan pajak tahunan.

Analisis Kinerja Keuangan Bisnis

Pencatatan keuangan digital membantu Anda menganalisis kinerja bisnis Anda. Anda dapat melihat tren pendapatan, margin keuntungan, dan biaya yang perlu dioptimalkan. Dengan pencatatan yang akurat, proses manajemen keuangan bisnis dari mulai perencanaan anggaran hingga evaluasi dan laporan lebih mudah disajikan dengan dukungan fitur-fitur canggih.

Pengajuan Pinjaman atau Investasi

Jika Anda membutuhkan dana pinjaman atau investor untuk perkembangan bisnis, dokumen berupa catatan keuangan dari akun bisnis merupakan salah satu persyaratan wajib. Dengan menggunakan pencatatan keuangan digital, Anda bisa menyediakan dokumen keuangan bisnis yang dibutuhkan untuk pengajuan dana pinjaman atau dana dari investor. 

Keamanan Data Keuangan Bisnis

Pencatatan keuangan digital menyimpan semua data yang hanya bisa diakses menggunakan kode verifikasi yang Anda atur sendiri. Data keuangan bisnis lebih aman dalam penyimpanan digital atau teknologi berbasis cloud. Tidak akan hilang atau tercecer seperti pencatatan dalam bentuk fisik. Anda bisa mengaksesnya kapan saja dibutuhkan.

Untuk mendapatkan pencatatan keuangan digital, Anda bisa menggunakan aplikasi atau perangkat lunak terbaik dan terpercaya yang banyak tersedia. Salah satunya adalah Fazz yang bisa digunakan mulai skala mikro, menengah, startup, hingga perusahaan besar berbasis teknologi web3.

Fazz menyediakan layanan keuangan digital yang membantu Anda membuka rekening akun bisnis dengan mudah dan praktis. Anda bisa melakukan transaksi perbankan secara umum, seperti transfer uang untuk kebutuhan transaksi bisnis, mengakses dana pinjaman, mendapatkan fasilitas kartu kredit, dan keuntungan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk peningkatan bisnis.

Semua fitur yang tersedia dapat diakses dengan mudah, cepat, dan praktis. Kinerja pengelolaan keuangan bisnis Anda jadi lebih efisien dan efektif dalam menyajikan laporan dan analisa keuangan.
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

5 komentar untuk "7 Fungsi Pencatatan Keuangan Digital untuk Bisnis Skala Mikro"

  1. Wah betul, bisnis mikro kadang gak tahan krisis dan rapuh karena pencatatan keuangannya kurang maksimal. Pencatatan keuangan digital tentu saja sangat membantu banget.makasih mbak maria infonya

    BalasHapus
  2. Habis ini auto rajin nyatet nih, karena ternyata segitu pentingnya ya. Apalagi kalo soal pajak, wuihh serem nominalnya itu mah

    BalasHapus
  3. Banyak banget yang punya bisnis makro tapi kadang kala kacau dipembukuaan hiks.makanya yaa penting banget apapun itu di catat pengeluaran

    BalasHapus
  4. Ngalamin banget uang kaya menguap ga tau ke mana gara-gara ngga dicatat. Coba diingat-ingat tetap ngga ingat.

    BalasHapus
  5. wkwkwkw, kayanya aku tim yang wajib banget punya catatan kuangan, soalnya suka liat saldo kok habis auto kaget, padahal suka lupa kalo belanja kadang gak pakai rem haha

    BalasHapus