3 Manfaat Mengikuti Kelas Pound Fit Untuk Kesehatan Tubuh


Menjadi sehat adalah dambaan kita semua, hampir tak terkecuali. Hal ini pulalah yang saya rasakan di saat merasa usia tak muda lagi. Jujur saja saya akui bertambahnya usia semakin membuat tubuh menjadi lebih lambat bergerak dari biasanya.

Sebenarnya saya tidak ingin menjadikan hal ini sebagai pembenaran. Bagaimanapun juga, walau usia menua namun diusahakan tak mengurangi gerak badan dalam beraktivitas. Tentu saja kita tidak ingin masa tua memiliki ketergantungan dengan orang lain hanya karena problem kesehatan sedari muda.

Oleh sebab itu saya pribadi berusaha menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai cara, sebut saja:
  1. Minum air putih minimal 3 liter per hari
  2. Tidur teratur minimal 8 jam per hari
  3. Menghindari terlalu banyak konsumsi junk food
  4. Berolahraga secara teratur.
Nah, point nomor 4 ini terkadang sulit saya lakukan. Selalu saja ada alasan untuk tidak berolahraga. Jika terlalu banyak alasan dan berujung pada penundaan, yang ada kita tidak akan pernah berolahraga sampai seumur hidup kita.

Padahal manfaat olahraga itu cukup banyak sekali, antara lain:
  1. Menjaga agar tubuh tetap bugar
  2. Mengurangi risiko osteoporosis
  3. Menjaga kesehatan jantung
  4. Menjaga agar berat badan tetap idel, tentu dengan pola makan yang benar
  5. Mampu mengatasi stress
  6. dan berbagai manfaat positif lainnya
Karena ingin tetap bugar di usia yang tidak muda lagi, maka saya pun memutuskan untuk rutin berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Salah satu olahraga rekomendasi yang saya dapatkan dari teman adalah kelas Pound Fit yang ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh.

Apa Itu Pound Fit dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Awal mendengar olahraga Pound Fit, mungkin tidak familiar di telinga kita. Memang benar olahraga ini termasuk jenis olahraga baru yang bisa Anda lakukan secara beramai-ramai. Pound Fit sendiri salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan cara seperti menabuh drum yang diiringi oleh alunan musik energik dengan menggunakan Ripstix sebagai komponen yang digunakan dalam berolahraga. 

Ide olahraga Pound Fit sendiri tercetus pada tahun 2011 oleh dua orang penabuh drum yang tinggal di California, Amerika Serikat. Mereka adalah Christina Peerenboom dan Kristen Potenza.

Adapun manfaat mengikuti kelas Pound Fit untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Saya akui bahwa proses menurunkan berat badan bukan sesuatu yang instan. Perlu niat dan usaha yang keras bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan berat badan tak ideal. Saya pun sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan. Bukan untuk tampil menarik, namun di balik bobot yang ideal maka tubuh akan lebih bugar dan persendian tidak mudah sakit.

Dengan gerakan yang energik dalam olahraga Pound Fit menjadikan tubuh Anda bergerak secara keseluruhan. Tentu saja gerak energik akan membakar kalori lebih banyak dan berat badan pun akan lebih cepat turun. Perlu diingat, bahwa menjaga pola makan juga salah satu faktor penting selain melakukan Pound Fit secara rutin.

2. Melatih Otot Tubuh Secara Keseluruhan

Olahraga Pound Fit terlihat mirip dengan aerobik namun memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu menggunakan Ripstix dalam melakukan setiap gerakan. Selain itu pula Pound Fit juga dilakukan sambil diiringi oleh alunan musik energik sehingga gerakan lebih maksimal.

Bisa dikatakan bahwa Pound Fit merupakan gabungan dari gerakan kardio, aerobic dan juga dance. Dari gabungan ketiganya, maka dapat melatih otot seluruh tubuh utamanya otot perut. Otot yang kuat tentu melambangkan stamina yang kuat dan tidak mudah cedera apabila seseorang sedang beraktivitas.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berolahraga Pound Fit tentunya harus diikuti oleh setiap peserta yang ada. Di sinilah kita harus konsentrasi dan fokus pada gerakan yang dilakukan oleh instruktur. Selain itu pula peserta kelas Pound Fit juga harus paham bagaimana cara memainkan Ripstix.




Dimanakah Bisa Berlatih Pound Fit? STRONGBEE Jawabannya

Jika Anda penasaran dan ingin mencoba mengikuti kelas Pound Fit ini namun bingung hendak latihan dimana, maka saya akan merekomendasikan aplikasi yang bisa dijadikan rujukan berlatih Pound Fit. 

Aplikasi tersebut bernama STRONGBEE dimana Anda bisa mencari lokasi untuk berolahraga yang tidak jauh dari tempat tinggal. 

STRONGBEE sendiri awalnya diluncurkan pada tahun 2019 oleh Farah Shanti yang bertujuan memfasilitasi masyarakat yang ingin bugar berolahraga namun bingung harus ke mana. STRONGBEE merupakan jawaban bagi keinginan sebagian masyarakat yang ingin mencari informasi kelas olahraga terdekat yang dapat mereka kunjungi untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain menghubungkan dengan kelas olahraga terdekat, STRONGBEE juga menyediakan kelas olahraga online untuk Anda namun tetap berhubungan dengan teman-teman sekelas lainnya. Menarik bukan! Olahraga online sekarang seolah sudah menjadi trend gaya hidup yang bisa kita lakukan demi kebugaran tubuh.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan STRONGBEE, ada baiknya download aplikasi ini terlebih dahulu melalui Google Play Store dan juga App Store. Begini langkah sederhana bergabung dengan STRONGBEE:
  1. Unduh aplikasi STRONGBEE di smartphone Anda
  2. Daftar dengan menggunakan akun Google atau juga bisa menggunakan akun Facebook Anda
  3. Pilih kelas olahraga yang ingin Anda ikuti dan lihat terlebih dahulu jarak terdekatnya
  4. Untuk berlangganan, Anda bisa membeli credit yang dapat ditukarkan dengan biaya kelas olahraga yang ingin diikuti.
  5. Anda bisa memilih metode pembayaran kredit dengan menggunakan dompet digital, kartu kredit, virtual akun bahkan pembayaran via Paypal
  6. Setelah credit terisi, Anda sudah dapat berlangganan kelas olahraga yang dipilih.



Ada banyak kelas olahraga yang bisa Anda ikuti di STRONGBEE ini, sebut saja kelas yoga, Pound Fit, Muaythai, Tenis Meja dan masih banyak lagi. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tentu saja dengan kemampuan diri.

Beberapa keunggulan ketika menggunakan aplikasi STRONGBEE antara lain:
  • Bisa mendapat personal trainer profesional.
  • Dapat booking terlebih dahulu kelas yang diinginkan.
  • Terdapat fitur BPASS, seperti dompet digital yang dapat digunakan oleh member untuk membayar kelas olahraga yang diinginkan.
  • Cara mengisi BPASS cukup mudah karena terdapat pilihan metode pembayaran.
  • Dapat memilih kelas virtual maupun in studio
  • Bisa bersosialisasi dengan member lain pengguna STRONGBEE

Penutup

Hidup sehat itu sebaiknya kita mulai dari sekarang. Salah satu usaha untuk menjalani hidup sehat selain menjaga pola makan adalah mulai untuk melakukan olahraga teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

Pound Fit merupakan salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah maupun di studio. Olahraga ini cukup mudah dilakukan baik seorang diri maupun beramai-ramai bersama teman. Untuk mengetahui studio yang mengadakan kelas Pound Fit, Anda dapat mengunduh aplikasi STRONGBEE di smartphone.

Semoga bermanfaat.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

58 komentar untuk "3 Manfaat Mengikuti Kelas Pound Fit Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Hahaha jadi ingat sama diriku sendiri yang lumayan malas kalo berolahraga. Ditambah tumpukan lemak yang membandel, duuuh jadi remaja jompo hiks.

    Bdw asik ya kalo ada trainer khusus gitu dikelas pound fit, sama estimasi biaya jga. Jadi kita bisa menyiapkan diri sebelum berangkat dehh

    BalasHapus
  2. Saya juga termasuk orang yang malas berolahraga, hiks, *ngesotkepojokan*. Saya bahkan baru tahu sama yang namanya Pound Fit ini. Untung sekarang ada banyak fasilitas mudah untuk berolahraga seperti aplikasi STRONGBEE ini ya. Sangat membantu biar kita bisa rajin olahrga.

    BalasHapus
  3. Baru tahu kalau bisa semudah ini mencari teman berolahraga. Saya sering malas olahraga karena tidak ada teman. Bisa dicoba ni, aplikasinya.

    BalasHapus
  4. Baru tahu soal pound fit. Ini berarti cuma melatih otot tubuh ataskah? Atau ada gerakan juga untuk otot bawah?

    BalasHapus
  5. Waah keren bisa minum air putih 3 liter/hari. Kl aku 1,5 liter doang jg mesti kupaksa bgttt. Uhuhu
    Otw download aplikasi STRONGBEE, menarik bgt nih bisa bantu bikin semangat olahraga yg menyenangkab

    BalasHapus
  6. Sepakat nih untuk hidup sehat mesti olahraga teratur. Bisa jd salah satu solusi ikutan kelas pround fit. Biar makin semangat hidup sehat dan nggak mager2an buat olahraga

    BalasHapus
  7. Baru tahu pound fit ini olahraga baru, mungkin seperti dancing atau main game alat musik drum di permainan ketangkasan game master ya. Masuknya kelas aerobik juga ini

    BalasHapus
  8. Aslik ini point no 4 itu aku banget, ntah krn memang faktor usia 😀 atau memang males 😂 tp pas baca artikel mbaknya kok jadi pengen ya ikutan Pound Fit ya, keknya menarik nih.

    BalasHapus
  9. Aku olahraga tapi masih brkum teratur, padahal tahu dampaknya kalau malas. Eniwei jadi penasaran dengan pound fit ini. Coba ah ntar install Apps nya

    BalasHapus
  10. aku termasuk yang cukup asing sama istilah pound fit ini, tapi dari cerita ini aku justtru jadi tertarik, apalagi ada rekomendasinya kan mau nyoba kemana, excited

    BalasHapus
  11. Wah, saya baru tau tentang aplikasi Strongbee. Kebetulan saya tipikal orang yang olahraganya on off hehehe, jadi butuh sekali penyemangat atau komunitas yang bisa mengajak kita lebih semangat untuk rutin bergerak.

    BalasHapus
  12. Mengsedih banget aku malas sekali olahraga. Membangun niatnya sungguh melalui fase yg panjang haha. Paling nanti mentok di zumba. Padahal kalo tiap abis olah raga badannya enakan

    BalasHapus
  13. Betul, tubuh sehat emang dambaan semua orang ya. Jujur sampai sekarang masih struggle banget mau minum sampai 3 liter. Kalo kebanyak minum pengennya buang air kecil terus. Wah, baru dengar tentang olahraga Found fit nih. Sepertinya olahraganya menarik untuk dilakukan.

    BalasHapus
  14. 3 liter sehari? Serius? Saya dua liter aja udah bikin sering ke toilet 🥲

    BalasHapus
  15. Aku nyari studio PF ini lewat STRONGBEE ternyata cukup banyak di rumahku. Apalagi kita bisa memilih instruktur profesional yah. Praktisi buat yang mager olahraga tapi pengen turun BB. Hehe.

    BalasHapus
  16. MasyaAllah baca ini cuss tercubit, soalnya saya termasuk mager olahraga. Kayaknya mau coba Pound Fit versi ringan dulu, deh. Soalnya butuh untuk meningkatkan daya konsentrasi, biar semakin produktif.

    BalasHapus
  17. aku baru tahu soal Pound Fit ini, sebagai emak yg punya cita cita kurus dan hdup sehat ini infonya sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  18. Oh ada juga ya olahraga pound fit gitu. Boleh juga. Tapi mungkin aneh ya buat emak2 gamisan main drum hahaha

    BalasHapus
  19. waa menarik ini mbak, sy sedang mencari teman untuk mau olga bareng, wkwkwk
    mau olga sendiri kok ya ga berangkat2, padahal olga itu penting ya kan, coba ah ngulik lebih jauh aplikasinya

    BalasHapus
  20. Minum air minimal 3 liter ❎
    Istirahat cukup sekitar 8jam ❎
    Mengatur pila makan❎
    Melakukan gerakan khusus untuk pembentukan tubuh❎

    Duuuuh, semua gak ada yang centang tapi mimpinya pengen punya tubuh ideal.

    Maafkan cita-citaku yang pengen langsing Tanpa effort wahai tubuhku

    #kenasentil

    BalasHapus
  21. Waw, pound fit bisa dilakukan menjelang buka puasa nggak ya Mbak? Saya lagi cari cara biar bisa tetap olahraga meskipun puasa nih. Puasa udah masuk akhir ramadan tapi niat olahraganya belum terealisasikan :(

    BalasHapus
  22. Duh kalo ngomongin olahraga saya juga malas nih. Padahal seiring bertambahnya usia olahraga bisa membantu tetap aktif

    BalasHapus
  23. Ini jenis olahraga terbaru ya. Memadukan semacam senam, main drum, dan yoga begitukah?

    BalasHapus
  24. Jadi pengen ikut kelas olahraga berbayar juga nih, biar gak niat niat doang pengen olahraga tapi nggak eksekusi. Huhu..

    BalasHapus
  25. Jenis olahraga yang unik, Mbak.. Kayaknya aku belum siap mencoba tapi memang tertarik. Belum siap karena masih punya anak kecil yang masih harus terus aku dampingi.

    Pernah ikut aerobik, ternyata fisiknya aku ini nggak bisa olahraga lalu lanjut beraktivitas banyak. Pernah langsung mengerjakan hal lain sampai sore, langsung sakit. huhu...

    Namun, pasti ada masanya aku bakal cocok ikut olahraga yang punya gerakan aktif seperti Proud Fit ini. Kayaknya pas anak kedua udah usia 3 tahun ke atas deh.

    BalasHapus
  26. Wah, ada kelas virtualnya. Jadi yang jauh bisa tetep ikutan ya. Seru nih ...

    BalasHapus
  27. Wah ternyata ada aplikasinya ya buat cari kelas olahraga. Soalnya suamiku juga lagi cari2 kelas olahraga nih cuma belum nemu yang pas. Thank you infonya

    BalasHapus
  28. Sama mbaa, aku paling males klo disuruh olah raga, magerrrrr, hihihi
    Tapi klo olahraga Pound Fit kayaknya seru juga ya
    Olahraga yang pakai musik memang lebih menyenangkan

    BalasHapus
  29. Belum pernah coba Pound Fit akuuu..penasaran. Senangnya Pound Fit bisa dilakukan di rumah maupun di studio. Lebi semangat pasti ya kalau beramai-ramai bersama teman. Mana mudah pula ikutan kelas Pound Fit, tinggal mengunduh aplikasi STRONGBEE saja

    BalasHapus
  30. Eh baru tahu nih ada aplikasi strongbee. Bisa belajar banyak terkait berbagai macam olahraga ya di sana?
    Penasaran saya. Mau mencoba itu pound fit nya juga

    BalasHapus
  31. Jadi tertarik pingin ikut

    BalasHapus
  32. Penasaran dengan olahraga pound fit ini. Sejenis senam kah? Yoga atau bagaimana ya? Eh emang harus install aplikasinya dulu ya biar gak penasaran lagi

    BalasHapus
  33. Gilak. Minimal 3 liter per hari kak? Eh tapi kalo banyak beraktivitas, dan banyak mengeluarkan keringat, sah sah aja ya..

    BalasHapus
  34. Baru tau loh ada jenis olahraga seperti Pound Fit. Enerjik juga ya cara pelaksanaannya, gabungan antara gerakan aerobik dengan lainnya. Mau coba juga ah Strongbee ini untuk mendapatkan tempat olahraga yg sesuai dengan minatku.

    BalasHapus
  35. Favoriiitt..
    Aku paling suka olahraga zumba dan Pound Fit ini.
    Serasa keringat bercucuran dan bikin enak istirahat udahannya.
    Kudu banget olahraga teratur dan sesuaikan dengan kemampuan. Jadi tertarik mencoba aplikasi STRONGBEE.

    BalasHapus
  36. Pound fit menjadi tools untuk gerak lokomotor agar senantiasa sehat

    BalasHapus
  37. Pas baca bisa menurunkan berat badan langsunh tertarik. Benar Mba. Bagi saya olahraga ini tergolong baru. Susahnya ini, niat olahraga ada. Tapi rasa malas ini nih ya Allah

    BalasHapus
  38. Bukan hanya belanja, olahraga pun sekarang bisa via aplikasi. Keren. Tinggal niatnya saja dikuatkan, yang lainnya sudah dipermudah teknologi.

    BalasHapus
  39. Wah mantap apps nya. Saya jadi bisa terpacu untuk hidup lebih sehat

    BalasHapus
  40. Minum air putih minimal 3 liter per hari❎
    Tidur teratur minimal 8 jam per hari❎
    Menghindari terlalu banyak konsumsi junk food❎
    Olahraga teratur ❎

    Laaaah, semuanya di saya gak ada yang ceklis, nah trus pengennya langsing.

    Dah lah, tidur aja lanjutin mimpi 🤣🤣

    BalasHapus
  41. Baruu tahuu aplikasi inii, olah raga penting menjaga kebugaran apalagi di masa pandemi

    BalasHapus
  42. Hiks aku tu masih banyak kurangnya nih kak maria. Minum masih 2 literan. Tidur juga paling banyak 5-6 jam 😌
    Kudu instal nih pound fit

    BalasHapus
  43. Baru denger tentang Strongbee dan kelas Pound Fit ini, menarik nih. Kebetulan pengen nurunin berat badan 3-4 kiloan lagi biar kembali ideal, dan gak perlu beli baju2 baru gitu, wkwkw.

    Download dulu aah, cari kelas Pound Fit di Semarang ada nggak ya..

    BalasHapus
  44. Wah ada muaythai nya juga ya kak?

    Banyak ternyata pilihan olahraga disini.

    Emang enaknya itu olahraga yang dipandu oleh profesional agar terarah

    BalasHapus
  45. Saya juga olahraganya 'angin-anginan'.
    Bisa jadi dalam seminggu itu saya rajin olahraga, ehhh minggu berikutnya "olahraga? apaan tuh?"
    Banyakan maleusnya...
    Saya mau liat-liat dulu aplikasi pound fitnya, kalo seru, mau ikutan

    BalasHapus
  46. wah cocok nih aku lagi nyari juga kelas olahraga ini, karena olahraga sendiri di rumah tuh mood-mood-an ya, hehe.. kalau ada trainer dan temen-temennya semoga lebih semangat :) download ah Strongbee

    BalasHapus
  47. Akhir-akhir ini aku nggak pernah lagi olahraga. Bawaan puasa ya. Padahal bisa diatur waktunya. Mungkin harus ikutan nginstall aplikasi Strongbee kali ya. Biar bisa rajin olahraga lagi.

    BalasHapus
  48. Akhir-akhir ini aku nggak pernah lagi olahraga. Bawaan puasa ya. Padahal bisa diatur waktunya. Mungkin harus ikutan nginstall aplikasi Strongbee kali ya. Biar bisa rajin olahraga lagi. Iya nggak?

    BalasHapus
  49. Akhir-akhir ini aku nggak pernah lagi olahraga. Bawaan puasa ya. Padahal bisa diatur waktunya. Mungkin harus ikutan nginstall aplikasi Strongbee kali ya. Biar bisa rajin olahraga lagi. Iya nggak?

    BalasHapus
  50. Akhir-akhir ini aku nggak pernah lagi olahraga. Bawaan puasa ya. Padahal bisa diatur waktunya. Mungkin harus ikutan nginstall aplikasi Strongbee kali ya. Biar bisa rajin olahraga lagi. Iya nggak?

    BalasHapus
  51. Akhir-akhir ini aku nggak pernah lagi olahraga. Bawaan puasa ya. Padahal bisa diatur waktunya. Mungkin harus ikutan nginstall aplikasi Strongbee kali ya. Biar bisa rajin olahraga lagi. Iya nggak?

    BalasHapus
  52. Saya baru tahu ada olahraga pound fit ini, yang diciptakan oleh penabuh drum. Tapi emang sih menabuh drum juga butuh energi, artinya bisa membakar kalori yang lumayan besar

    BalasHapus
  53. Pound fit dan Strongbee... Ini sesuatu yang sangat baru bagi saya. Tadi langsung melek saat tahu bisa mengurangi BB. Dan seneng banget dong bisa tahu harus ke mana kalau cari. Info ini juga penting bagi semua pemilik gym dan semacamnya agar gabung sehingga makin lengkap.

    BalasHapus
  54. Olahraga Pound Fit yaa namanya, Mba Maria,, noted. Kayak menabuh drum sambil diiringi musik tp bs juga menurunkan berat badan ya kl rutin dilakukan, buruan ah order kelasnya di aplikasi STRONGBEE

    BalasHapus
  55. Buat dapat personal trainer profesional ada tambahan biaya lagi gak ya mbak?

    BalasHapus
  56. Selain Zumba olahraga Pound Fit ini juga cukup populer ya mbak, beberapa bulan ini juga sering lihat kegiatan Pound Fit di beberapa ruang terbuka di daerah ku, dan memang ramai juga yang ikut. Selama ini cuma ikut nonton aja, hehe

    BalasHapus
  57. Strongbee ini membantu banget ya mbka untuk sarana olahraga kita. Jadi bisa olahraga di rumah secara online

    BalasHapus
  58. Minum air putih, tidur teratur, hindari junkfood, dan olah raga, itu selalu ada di aturan gaya hidup sehat ya mba, mau apapun yang kita konsumsi.

    Asik banget kalo punya sport directory yg bisa on demand ya. Bergantung tujuan olah raganya apa. Mau ngecilin perut kah, mau nambah otot kah, atau mau memperkuat lengan/ kaki, semua bisa ngikutin Strongbee di poundfit.

    BalasHapus