Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Harus Anda Ketahui

 
Fungsi Protein
Picture Source: Pexels

Tubuh kita sejatinya memerlukan energi dari berbagai sumber makanan yang dikonsumsi. Memang, kita harus selektif dalam memilih berbagai makanan serta minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini untuk menghindari masuknya zat berbahaya ke dalam tubuh. Salah satu contoh, jika terlalu banyak konsumsi pengawet dan perisa makanan, tentu saja tidak baik bagi tubuh. Dampaknya bisa saya terserang penyakit seperti ginjal. Jika sudah terserang penyakit, maka akan membutuhkan tenaga dan biaya untuk mengobati sampai sembuh.

Ada banyak sekali kandungan di dalam makanan maupun minuman yang bermanfaat bagi tubuh kita, sebut saja:
  • Mineral
Manusia membutuhkan mineral dalam tubuhnya dalam rangka memperkuat tulang dan membantu dalam proses metabolisme. Mineral sendiri terdiri dari 10 jenis, antara lain Kalsium, Magnesium, Kalium, Zat besi, Tembaga, Klorida, Iodium, Zinc, Flourida dan Selenium.

Masing-masing dari jenis mineral itu memiliki fungsi yang dapat memperkuat ketahanan tubuh manusia. Sebut saja zat besi yang berfungsi untuk mencegah timbuhnya anemia pada manusia, flourida yang berfungsi untuk memperkuat gigi dan masih banyak manfaat lainnya. 

Adapun makanan yang mengandung mineral banyak terdapat pada sayuran, susu, yoghurt dan buah-buahan. Anda dapat mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung mineral jika ingin punya tulang kuat di masa lansia.
  • Karbohidrat
Siapa di sini pembaca blog saya yang anti dengan yang namanya karbohidrat? Hayo, jangan terlalu anti dengan karbohidrat ya. Hal ini dikarenakan karbohidrat memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Memang bagi orang yang ingin melakukan program diat, disarankan untuk mengurangi konsumsi karbo. Namun kekurangan karbohidrat juga tidak baik untuk metabolisme tubuh.

Karbohidrat memiliki peran sebagai sumber energi bagi manusia yang tentu saja dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika kita makan makanan yang mengandung karbohidrat maka tentu akan mengenyangkan perut sehingga mood juga menjadi bagus.

Tubuh perlu keseimbangan agar bisa fokus dan konsentrasi dalam bekerja, dan sumbernya dapat kita dapatkan dari karbohidrat.
  • Air Putih
Apakah Anda sudah rutin minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari? Jika sudah, maka saya ucapkan selamat karena Anda telah berupaya untuk menjalankan pola hidup sehat. Air putih diyakini dapat menyehatkan organ di dalam tubuh dan juga menyehatkan kulit tubuh maupun wajah.

Konsumsi air putih dalam memperlancar metabolisme dalam tubuh kita. Detoksifikasi di dalam tubuh dapat terbantu dengan rutin konsumsi air putih. Jadi jangan anti dengan air putih hanya karena ketika diminum tidak ada rasanya.
  • Protein
Protein merupakan salah satu zat penting yang terkandung dalam makanan, berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh manusia. Protein dalam makanan penting untuk kita penuhi demi terjaganya keseimbangan gizi di dalam tubuh. Bayangkan ketika kita hanya makan makanan yang tidak ada sumber vitamin, protein maupun mineral, maka tentu tak ada nutrisinya sehingga tubuh pun tidak berenergi, bahkan cenderung mudah terserang penyakit.

Protein biasanya terdapat di dalam telur, daging, ikan dan juga kacang-kacangan. Tentu saja jika ingin menambah selera makan, sumber protein tersebut dapat kita olah menjadi masakan yang lezat.

Bisa dikatakan protein merupakan salah satu kandungan makanan yang penting yang diperlukan oleh tubuh. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai fungsi protein bagi tubuh dan bahayanya apabila kita sama sekali tidak mengonsumsinya.

Fungsi Protein Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Protein sebenarnya sangat mudah kita dapatkan ketika hendak konsumsi makanan. Cara mengolahnya pun mudah sekali. Salah satu contoh protein yang mudah dibeli adalah telur. Anda bisa membeli telur dengan harga terjangkau lalu dikonsumsi oleh seluruh keluarga di rumah.

Ada banyak sekali fungsi protein bagi tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:
  1. Meningkatkan serta mempertahankan kekuatan otot di dalam tubuh manusia.
  2. Sebagai sumber gizi dan juga energi di dalam tubuh. Sebagai manusia, kita perlu energi untuk menunjang aktivitas keseharian. Tanpa energi, kita akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.
  3. Memperkuat tulang dan mencegah rambut dari kerontokan. Meskipun rontoknya rambut salah satunya disebabkan oleh faktor eksternal, namun dengan cukup mengonsumsi protein, setidaknya kita berusaha meminimalkan hal itu terjadi.
  4. Membantu proses diet. Seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan memang disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan protein. Hal ini dikarenakan kalori yang terkandung di dalam makanan lebih sedikit.
Saya sarankan kepada Anda yang kurang suka makanan berprotein tinggi, mulai sekarang ubahlah pola hidup tersebut. Hal ini dikarenakan jika kita kekurangan protein maka akan berpengaruh terhadap imunitas tubuh yang dapat mengakibatkan mudah terserang penyakit.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat Datang di Blog Saya. Jika ingin melakukan kerjasama dengan saya bisa menghubungi di email mariatanjung81@gmail.com atau DM Instagram saya @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Harus Anda Ketahui"