Rambutku pesonaku imageku

Sahabat curhat pasti tau dong mana yang namanya rambut. Menurut wikipedia, rambut adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit luar dan banyak ditemukan terutama pada mamalia termasuk manusia, bisa juga disebut dengan bulu (https://id.wikipedia.org/wiki/Rambut). Kali ini nana, akan membahas tentang rambut yang tumbuh di kepala dan biasanya menjadi mahkota terutama bagi sahabat curhat wanita.

Rambut manusia sangat bervariasi. Jika dipisahkan berdasarkan warna secara alami, warna rambut terbagi menjadi 6, yaitu:

  1. Hitam
  2. Coklat
  3. Merah
  4. Pirang
  5. coklat-kemerahan (auburn)
  6. Kelabu-putih

Sedangkan jika dilihat dari bentuk rambutnya, rambut dapat dipisahkan menjadi 3, yaitu:

  1. Rambut lurus
  2. Rambut ikal
  3. Rambut keriting

Sahabat curhat dapat memiliki rambut yang berbeda-beda dikarenakan banyak faktor, misalnya saja genetik atau karena bahan kimia. Rambut sahabat curhat bisa saja pendek, panjang, bahkan botak atau tidak memiliki rambut sama sekali, tergantung dari pilihan sahabat curhat. Namun banyak sahabat curhat yang masih tidak tahu perawatan yang tepat untuk rambutnya. Berikut beberapa tips dari nana untuk sahabat curhat:

  1. Keramas minimal 2 hari sekali, cuci dengan bersih sampai ke kulit kepala, bilas sampai tidak ada busa tersisa dan terasa wangi saat sudah selesai keramas.
  2. Masker rambut minimal 1 kali seminggu, apalagi untuk sahabat curhat yang memiliki rambut panjang, gak usah ke salon gapapa, bisa kok maskeran di rumah saat ada waktu.
  3. Keringkan rambut dengan benar setelah keramas, bisa menggunakan handuk, angin semilir, atau dengan alat bantu seperti hair dryer.
  4. Sisir rambut sahabat curhat setiap hari setiap habis mandi

Tips ini bukan hanya berlaku untuks sahabat curhat yang wanita loh tapi sahabat curhat yang laki-laki juga harus mencobanya. Rambut yang bersih dan wangi dapat menjadi pesona tersendiri dan dapat membantu membuat image baik untuk sahabat curhat, apapun gaya rambut yang sahabat curhat pilih. Apa aja sih yang terjadi kalo sahabat curhat gak merawat rambut dengan baik?Intip yuk:

  1. Rambut kusam dan kasar
  2. Rambut bercabang dan mudah patah
  3. Rambut bau
  4. Rambut berketombe
  5. Rambut jadi sarang kutu

Serem kan klo sahabat curhat gak rawat rambut dengan baik dan benar. Pasti gak enak banget punya rambut yang kusam apalagi sampe jadi sarang kutu. Makanya harus rajin rawat rambut biar tetep sehat. Tapi kutu rambut bisa ada di rambut karena tertular loh dari orang lain. Kalo udah terlanjur begitu harus gimana? Ya harus cepet dibasmilah, caranya:

  1. Pakai obat anti kutu rambut sehari 1 kali
  2. Setelah 3 hari, sisir rambut pakai serit untuk menjatuhkan sisa telurnya
  3. Setelah 1 minggu masih belum bisa hilang sepenuhnya, cucilah rambut menggunakan minyak tanah (hati-hati menggunakannya), diamkan 2-3 jam, lalu cuci kembali dengan shampoo sampai bersih

Ada juga yang bilang untuk pakai bahan-bahan alami tapi buat nana, kalo kutunya masih bandel, paling ampuh pakai minyak tanah. Tapi hati-hati dalam penggunaannya ya sahabat curhat, awas terkena mata dan kena luka. Lebih baik minta tolong orang lain selagi keramas menggunakan minyak tanah.

Seiring berkembangnya jaman, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengubah rambut sesuai dengan keinginan kita, seperti smoothing, curly, coloring, dan lainnya. Nana pun pernah ngalamin yang namanya kepingin perubahan gaya dan coba-coba gaya baru, tapi ingat ya sahabat curhat, apapun gaya yang sahabat curhat pilih, pasti ada plus minusnya dan jangan lupa perawatannya dilakukan agar rambut sahabat curhat gak jadi kasar dan rusak akibat proses kimiawi.

Gimana sahabat curhat, seru kan ngebahas rambut? Karena setiap bagian dari tubuh sahabat curhat diciptakan Tuhan dengan indah. Ceritain pengalaman seru yang sahabat curhat pernah alamin karena rambut. Yuk curhat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *